Tips Panduan Budidaya Buah Tin Hasil Melimpah




Buah Tin atau Ara adalah salah satu jenis tumbuhan yang dapat dikonsumsi. Buah Tin memiliki bentuk yang unik dan rasa yang manis. menariknya lagi adalah Buah Tin yang masuk dalam genus Ficus Carica adalah spesies yang banyak ditemukan di daerah Asia Barat Daya, Timur Tengah dan sekitar Laut Tengah (dari Afganistan sampai Portugal), dan dibudidayakan sejak zaman purba karena buahnya ini mendapat julukan buah suci dari taman surga. Hal ini tidak terlepas dari keistimewaannya karena merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam AL-Qur’an yakni dalam Surah At-tin yang memiliki posisi sama dengan buah Zaitun.

Mungkin sampai saat ini, belum banyak orang yang membudidayakan buah tin di Indonesia. Dengan segala keunggulan dan keistimewaan tanaman buah Ara, pantas dijadikan salah satu koleksi tanaman di halaman rumah anda atau di jadikan bisnis budidaya. Jika anda Tertarik membudidayakan buah Tin, pada kesempatan kali ini Tenarkan.Com akan memberikan ulasan tentang panduan budidaya pohon Tin agar tumbuh dengan baik dan berbuah optimal.

Langkah-Langkah Perbanyakan Bibit.

Budidaya Buah Tin

  1. Perbanyakan Bibit buah tin dapat kita peroleh dengan cara Vegetatif yaitu perbanyakan bibit buah tin dengan cara, stek batang dan cangkok. Perbanyakan dengan cara Generatif dapat di peroleh dari perbanyakan biji.
  2. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50cm x 50cm, kedalaman 50-60 cm. Isi lubang dengan pupuk kandang dan sekam padi (jika ada). Biarkan lubang selama 1-2 minggu agar pupuk kandang dapat meresap dengan baik dalam Tanah.
  3. Masukkan ke lubang tanam dan tutup kembali dengan menggunakan Tanah, padatkan secara perlahan. Lakukan penyiraman setelah pohon buah tin sudah selesai ditanam. Penyiraman sebaiknya sewajarnya saja, agar pohon tidak membusuk.
  4. Bersihkan sekitar pohon buah tin dari tumbuhan gulma, pemupukan dapat lakukan kembali setelah usia pohon tin sekitar 4 bulan dari penanaman awal.
  5. hama yang sering menyerang buah tin diantaranya hama penggerek batang yang mengakibatkan batang keropos dan membusuk dan pada akhirnya mengakibatkan kematian. Pengendalian dapat di lakukan dengan cara menyuntik vaksin (obat untuk batang tin) pada batang untuk mencegah serangan.
  6. Panen Tanaman buah Tin dapat dilakukan ketika tanaman memasuki usia tanam 4 – 5 bulan setelah tanam. Dan jika iklim memasuki musim panas maka buah akan semakin banyak dan cepat tua untuk di panen.

Baca Juga : Manfaat Rokok Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil Dan Janin.

Budidaya Buah Tin

  • Menstabilkan Tekanan Darah. Kandungan kaliun dan natrium dalam buah tin mampu mencegah hipertensi pada ibu hamil, karna jika ibu hamin rutin mengkonsumsi buah tin akan menurunkan tekanan darah dengan cepat. Bahkan Polifenol yang terdapat pada buah tersebun akan menjadi anti oksidan terhadap kesehatan jantung.
  • Membantu Menurunkan Kolesterol, kandungan omega 3 selama ini banyak terdapat pada jenis ikan yang ada di laut, akan tetapi buah tin ternyata mengandung sumber omega 3, asam lemak omega 6, dan juga senyawa fitosterol.
  • Meningkatkan Kesehatan Mata, kandungan vitamin A mampu melindungi otot dan kornea mata selama ibu hamil.
  • membantu menurunk,an resiko kanker payudara, pengaruh gaya pengaruh kemajuan zaman dan gaya hidup yang sangat buruk perempuan saat ini, menjadi pemicu resiko timbulnya kanker payudara. Untuk mencegah hal itu dapat dilakukan dengan rutin mengkonsumsi buah tin saa hamil.
  • Sangat penting Untuk Pencernaan, bukan hanya buah pepaya saja yang dapat memperlancar pencernaan, kandungan serat yang tinggi pada buah tin juga manpu mengatasi permasalahan buang air besar (BAB) pada ibu hamil. Seakin tua usia kehamilan seseorang akan mempengaruhi kondisi usus pencernaan menjadi lambat, semua itu karena semakin besarnya ukuran janin dalam kandungan.
  • Kebutuhan Kalsium Ibu Hamil, Kandungan kalsiumnya sama seperti manfaat susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.
  • Mencukupi Kebutuhan Mineral, kebutuhan terhadap mineral yang tercukupi mendorong pertumbuhan janin sesuai dengan usia kehamilan, sehingga di saat kelahiran bayi akan lahir dalam kondisi sehat serta kuat terhindar dari cacat bawaan.
  • Menyembuhkan Diare, diare yang terus-menerus terjadi sungguh menyiksa, terbebih lagi hal itu terjadi pada seorang ibu hamil amat sangat berat, anda bisa membayangkannya apa yang akan terjadi. Penyebab sering terjadinya diare adalah berasal dari pola hidup kita yang kuran sehat dalam mengkonsumsi makanan secara sembarangan, seperti makanan yang terlalu pedas dan asam. Kandungan Enzim Proteolitik pada buah tin mampu mengatasi sembelit dan juga diare.
  • Menyeimbangkan Berat Badan, perubahan bentuk tubuh akan terjadi di saat sedang hamil tanda itu akan terlihat pada tubuh yang semakin membesar, maka di khawatirkan akan terkena obesitas dan dapat mempengaruhi kandungan atau janin. mengkonsumsi rutin buah tin atau ara di saat hamil mapu mengontrol terubahan tersebut, karna kandungan basa yang tinggi sangat baik bagi ibu dan janin.
  • Perkembangan Janin, asam flat yang tinggi membuat otak janin tumbuh dengan baik dan mumbuat bayi lebih cerdas terhindar dari cacat tabung syaraf.
  • Mengatasi Masalah Kulit Pada Ibu Hamil, di saat ibu hamit perubahan pada tubuh dan kulit akan terjadi, hal ini kan terlihat dari penampilannya. Masalah ini terjadi ketika hormon kehamilan merusak pigmen alami yang umumnya ditandai dengan bintik hitam pada bagian wajah dan juga selulit. – Menurunkan Resiko Diabetes Gestasional, bagi wanita yang memiliki riwayat penyakit Diabetes, mengkonsumsi rutin buah tin/ara dapat menurunkan kadar gula dalam darah secara alami. Cara ini dapat di terapkan untuk mencegah obesitas dan juga kelebihan kolesterol di saat sedang mengandung.
  • Mengurangi Morning Sickness, buah tin mengandung vitamin B6 yang sangat tinggi mampu mencegah timbulnya morning sickness, yang berakibat pada kematian dan cacat bawaan. karena kekurangan nutrisi.
  • Membantu Penyerapan Zat Besi, kekurangan zat besi pada ibu hamil dipengaruhi dari kurangnya asupan vitamin C, kekurangan vitamin C pada ibu hamil kan memacu terjadinya anemia selama hamil.

Nah itulah semua manfaat buah tin untuk ibu hamil dan janin sehingga ibu sehat dan janin lahir dalam kondisi yang sehat. Buah ini sangat penting untuk kehamilan dan janin, namun konsumsi buah tin harus dibatasi karena bisa memicu reaksi alergi yang berdampak buruk pada ibu dan janin. Buah ini juga dapan di olah menjadi manisan buah tin

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*